Pengaruh Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi


Setiap daerah memiliki keunggulan ekonomi yang menyebabkan daerahnya memiliki daya tawar terhadap daerah lain. Pemerintah di setiap daerah berupaya untuk mengembangkan daerahnya menjadi pusat keunggulan ekonomi sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah. Munculnya pusat-pusat keunggulan ekonomi di berbagai daerah akan memberikan pengaruh pada berbagai bidang kehidupan. Pengaruh tersebut ada yang berdampak positif dan ada yang berdampak negatif.

Beberapa bidang kehidupan yang mendapatkan pengaruh dari tumbuhnya pusat-pusat keunggulan ekonomi antara lain:

a. Migrasi Penduduk.

Migrasi penduduk adalah perpindahan penduduk dari satu daerah ke daerah lainnya biasanya dilakukan dalam jangka waktu yang lama atau menetap dalam kurun waktu tertentu yang relatif lama. Migrasi penduduk ada yang bersifat menetap. Migrasi dilakukan oleh seseorang bertujuan untuk mendapatkan sesuatu yang tidak di dapatkan di daerah asalnya misalnya untuk mendapatkan sumberdaya alam tertentu yang tidak terdapat didaeranya, untuk mendapatkan mata pencaharian. 

Munculnya pusat keunggulan di daerah tertentu dapat mempengaruhi terjadinya migrasi penduduk misalnya migrasi penduduk terjadi setelah didirikan PT. Freeport  sebagai perusahaan penambangan emas, perak dan tembaga terbesar di Indonesia, banyak tenaga kerja dari berbagai wilayah di Indonesia dan tenaga kerja dari berbagai negara melakukan migrasi ke Papua.


                                                                                                                                             Sumber: https://www.liputan6.com

b. Transportasi

Migrasi yang terjadi akibat adanya pusat-pusat keunggulan ekonomi membutuhkan sarana transportasi. Untuk mendukung mobilitas menuju pusat-pusat pertumbuhan ekonomi maka dibangun berbagai sarana transportasi misalnya jalan, jalan tol, stasiun, pelabuhan dan bandar udara. Hal ini menunjukkan bahwa pusat-pusat pertumbuhan ekonomi akan mempengaruhi perkembangan transportasi. 

                                                                                                                                                               https://id.wikipedia.org/
Tingginya mobilitas penduduk khususnya tenaga kerja PT Freeport Indonesia dan kurangnya sarana transportasi menuju Timika maka PT Freeport Indonesia membangun bandar udara Mozez Kilangin yang khusus melayani tenaga kerja PT. Freeport Indonesia namun saat ini bandara tersebut sudah melayani penerbangan umum.

c. Lembaga Sosial Ekonomi
Lembaga sosial merupakan keseluruhan sistem norma yang terbentuk berdasarkan tujuan dan fungsi tertentu dalam masyarakat. Lembaga sosial ekonomi merupakan lembaga sosial yang mengatur hubungan antar individu dalam memenuhi kebutuhan manusia. Pusat keunggulan ekonomi mempengaruhi munculnya lembaga sosial ekonomi di sekitar tumbuhnya pusat keunggulan ekonomi. Misalnya PT Freeport Indonesia berkontribusi dalam pendirian pusat grosit di kampung Otakwa yang letaknya tidak jauh dari lokasi PT. Freeport Indonesia untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok masyarakat.
                                                                                                                                                    https://www.timikabisnis.com/

d. Pendidikan
Pendidikan memiliki peran untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Sumber daya manusia yang berkualitas sangat dibutuhkan untuk menggerakkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi. Pusat-pusat keunggulan ekonomi membutuhkan sumberdaya manusia atau tenaga kerja yang berkualitas yang dihasilkan oleh lembaga-lembaga pendidikan. 
Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional di bidang pertambangan maka PT. Freeport mendirikan Institut Pertambangan Nemangkawi, lulusan dari institut tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja di PT. Freeport.
                                                                                                      https://ebk.ptfi.co.id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dinamika Penduduk Asia

Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau dan Perdagangan Internasional

Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berdasarkan Potensi Wilayah untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat