Ruang Tempat Kita Hidup

Bumi ruang besar tempat manusia tinggal.
Alam raya ini adalah ruang yang amat luas. Alam raya ini memiliki luas yang tidak terhingga, di dalamnya tempat berbagai benda angkasa mulai dari planet-planet, satelit, meteor, metorit, bintang dan sebagainya. Bumi tempat di mana manusia tinggal dan hidup juga merupakan ruang. Bumi merupakan ruang yang yang lebih kecil bila dibanding alam raya yang amat luas. Bumi dapat dibagi lagi menjadi ruang-raung yang lebih kecil ruang dapat berupa benua-benua, negara-negara, provinsi-provinsi, kabupaten-kabupaten, kecamatan-kecamatan, desa-desa, RT-RT bahkan rumah tempat kita tinggal bersama keluarga adalah ruang. Dari penjelasan tersebut maka dapat kita pahami bahwa ruang adalah tempat di permukaan bumi baik sebagaian atau keseluruhan yang digunakan oleh makhluk hidup untuk tinggal. Jika manusia hidup di bumi maka bumi adalah ruang tempat manusia hidup. Ruang sangat penting bagi kehidupan manusia, karena ruang merupakan tempat dimana manusia tinggal tanpa ruang manusia tidak hidup.

Ruang bumi meliputi dari lapisan udara yang menyelubungi bumi (atmosfer) dan bumi itu sendiri di mana terdapat daratan (tanah) dan perairan (sungai, danau, laut) bahkan berbagai makhluk hidup yang tinggal di dalamnya. Suatu ruang dengan berbagai unsur-unsurnya tersebut membentuk karakteristik ruang, sehingga satu ruang dengan ruang lainnya di permukaan bumi akan memiliki karakteristik yang berbeda. Bukankah satu daerah dengan daerah lain di permukaan bumi memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Mari kita amati kondisi ruang di daerah pantai dengan daerah pegunungan. Kita dapat mencatat berbagai bentuk perbedaan yang kita lihat, misalnya kondisi udaranya (suhu, kelembaban udara), jenis tanah, jenis tumbuhan dan hewan, kebiasaan dan adat istiadat masyarakatnya.

Perbedaan karakteristik antar ruang tersebut menyebabkan terjadinya interaksi atau keterkaitan antar ruang. Perbedaan sumberdaya alam antara daerah pegunungan dengan daerah pantai meyebabkan terjadinya interaksi antara dua daerah tersebut. Daerah pantai memiliki kekayaan sumberdaya alam berupa hasil laut misalkan ikan dan hasil laut lainnya dan daerah pegunungan memiliki kekayaan sumberdaya alam berupa hasil hutan misalnya buah-buahan dan sayuran. Masyarakat daerah pantai memenuhi kebutuhannya akan buah-buahan dengan membeli dari penduduk daerah pegunungan. Sedangkan masyarakat daerah pegunungan memenuhi kebutuhan mereka ikan laut dengan membeli dari penduduk daerah pantai. Interaksi tersebut dapat terjadi secara langsung maupun secara tidak langsung.

Perhatikan berbagai ruang yang terdapat dipermukaan bumi berikut ini!
Dapatkah kamu menyebutkan karakteristik masing-masing ruang tersebut dan bagaimana keterkaitan antarruang ruang-ruang tersebut?
Daerah Pantai
Daerah Pegunungan
Desa

Kota

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dinamika Penduduk Asia

Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau dan Perdagangan Internasional

Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berdasarkan Potensi Wilayah untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat