LETAK WILAYAH ASIA TENGGARA

Asia Tenggara adalah suatu wilayah yang berada di tenggara daratan Asia. Terdapat beberapa negara di kawasan Asia Tenggara. Negara-negara tersebut tergabung dalam organisasi ASEAN (Association of South East Asian Nations). ASEAN adalah organisasi regional negara-negara di kawasan Asia Tenggara. ASEAN didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Pada awal berdirinya ASEAN diprakarsai oleh lima negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Filipina. Kelima negara tersebut mengirimkan wakil-wakilnya antara lain: 
  • Menteri Luar Negeri Indonesia (Adam Malik)
  • Wakil Perdana Menteri Malaysia (Tun Abdul Razak)
  • Menteri Luar Negeri Filipina (Narciso Ramos)
  • Menteri Luar Negeri Singapura (S. Rajaratnam)
  • Menteri Luar Negeri Thailand (Thanat Khoman)
Kelima wakil negara-negara tersebut menandatangani Deklarasi ASEAN (The ASEAN Declaratioan) atau yang lebih dikenal dengan Deklarasi Bangkok. Saat ini ASEAN beranggotakan sepuluh negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Myanmar, Vietnam, Laos, Kamboja dan Brunei Darussalam.
Profil ASEAN


Letak Geografis ASEAN
ASEAN memiliki letak gografis yang strategis. Letak geografis yaitu letak suatu wilayah didasarkan pada keyataan di permukaan bumi dan apabila dibandingan dengan daerah lain di sekitarnya. Secara geografis ASEAN terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia dan di antara dua samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Negara ASEAN paling utara yaitu negara Myanmar, negara ASEAN paling selatan yaitu negara Indonesia, negara ASEAN paling barat yaitu negara Myanmar dan  negara ASEAN paling timur adalah negara Indonesia.
ASEAN berbatasan dengan daerah-daerah lain di sekelilingnya, di sebelah utara berbatasan dengan negara Tiongkok, Teluk Tonkin, dan Laut Cina Selatan, di sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Hindia dan Benua Australia, di sebelah barat berbatasan dengan negara India, Banglades, Teluk Benggala dan Laut Andaman dan sebelah timur berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Papua Nugini.   


Wilayah Asia Tenggara

Bentuk secara geografis suatu negara dapat di bedakan menjadi empat yaitu sebagai berikut.
  1. Compact yaitu negara yang memiliki bentuk geografis seperti lingkaran. Contoh Negara Kamboja.
  2. Fragmented yaitu negara yang memiliki bentuk geografis berupa kepulauan yang terpisah-pisah. Contoh Negara Indonesia, Filipina.
  3. Elongated yaitu negara yang memiliki bentuk geografis memanjang. Contoh Negara Vietnam.
  4. Protruded yaitu negara yang memiliki bentuk geografis lebig kompleks dan beragam, biasanya terdapat 'lengan' yang memanjang. Contoh Negara Thailand dan Myanmar.





Letak Astronomis ASEAN
Letak astronomis yaitu letak suatu wilayah berdasarkan garis latitude (garis lintang) dan garis longitude (garis bujur). Garis latitude atau garis lintang adalah garis yang melintang dari barat ke timur ada dua jenis lintang yaitu lintang utara (LU) dan lintang selatan (LS). Garis longitude atau garis bujur terdiri dari dua yaitu bujur barat (BB) dan bujur timur (BT).

Berikut ini letak astronomis negara-negara ASEAN
Berdasarkan letak astronomis negara-negara ASEAN tersebut maka dapat kita ketahui letak astronomis ASEAN berikut ini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dinamika Penduduk Asia

Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau dan Perdagangan Internasional

Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berdasarkan Potensi Wilayah untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat