Interaksi Antarruang

Pada postingan terdahulu kita telah memahami tentang ruang. Kali ini akan kita pelajari apa itu interaksi antarruang dan berbagai bentuk interaksi antarruang. Setiap ruang di permukaan bumi memiliki keunggulan dan kekurangan sebab inilah yang menyebabkan terjadinya interaksi antarruang. Keunggulan yang dimiliki suatu daerah dapat digunakan untuk melengkapi kekurangan daerah lain. Sehingga interaksi itu terjadi. 

Menurut Bintarto (1987) interaksi merupakan suatu proses yang sifatnya timbal-balik dan mempunyai pengaruh terhadap tingkah laku, baik melalui kontak langsung atau tidak langsung. Interaksi antarruang terjadi antara dua daerah atau lebih yang saling berhubungan dan mempengaruhi satu dengan yang lain. Interaksi antarruang terjadi secara langsung terjadi ketika seseorang dari suatu daerah menuju ke daerah lainnya untuk memenuhi kebutuhan. Interaksi antarruang secara tidak langsung terjadi ketika interaksi antara satu daerah dengan daerah lain terjadi melalui media tertentu misalnya seseorang di suatu daerah menonton televisi yang menyiarkan peristiwa yang terjadi di daerah lain. Interaksi antarruang dalam keseharian dapat terjadi dalam berbagai bentuk misalnya perjalan seseorang ke empat kerja, perjalanan untuk rekreasi, perdagangan antar negara. 

Perhatikan gambar berikut ini!, dapatkah kamu menjelaskan gambar-gambar di bawah ini kaitanya dengan interaksi antarruang?
Seorang turis sedang berlibur di Pulau Bali

Hasil pertanian di Supermarket

Aktivitas di pelabuhan
Migrasi penduduk

Pementasan seni tari tradisional di luar negeri




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dinamika Penduduk Asia

Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau dan Perdagangan Internasional

Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berdasarkan Potensi Wilayah untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat